Bapa Uskup Bersama dengan Pastor Ketua Yayasan dan Pastor Vikep.

Pekanbaru, 18 Juni 2024 – Setelah kurang lebih satu tahun penantian, akhirnya asrama Putri Santa Maria Pekanbaru telah rampung dan siap digunakan. Asrama Putri Santa Maria ini diperuntukkan bagi siswa dan siswi SMP dan SMA Santa Maria Pekanbaru. Asrama ini akan mulai ditempati pada tahun ajaran baru 2024/2025. Sebelum ditempati oleh para peserta didik putri SMP dan SMA Santa Maria Pekanbaru, pada hari ini terlebih dahulu diadakan pemberkatan dan peresmian oleh Mgr. Vitus Rubianto Solichin, uskup Keuskupan Padang.

Rangkaian acara pemberkatan dimulai dengan penampilan dari peserta didik SMP dan SMA Santa Maria, baik yang tinggal di asrama maupun yang tinggal di luar asrama. Rangkaian acara dimulai dengan penyambutan Bapa Uskup, para imam, dan juga para tamu undangan. Syair Melayu dan tarian Pencak Silat dari berbagai macam etnis menyemarakkan acara penyambutan.

Penandatanganan Prasasti oleh Bapa Uskup Vitus.

Setelah rangkaian acara penyambutan selesai, dilanjutkan dengan acara peresmian Asrama Putri Santa Maria. Acara peresmian ditandai dengan penyerahan kunci dari pemborong, penandatanganan prasasti, dan pembukaan pintu asrama.

Setelah peresmian, dilanjutkan dengan misa syukur dan pemberkatan asrama. Misa diikuti oleh warga asrama putri dan putra, serta tamu undangan. Misa dipimpin oleh Bapa Uskup Padang, didampingi oleh Pastor Ketua Yayasan Pastor Riduan, Pastor Paroki Santa Maria a Fatima Pekanbaru Pastor Otto Hasugian, Pastor Vikep Riau Pastor Emiliasnus Sakoikoi, dan juga para pastor yang berasal dari paroki sekitar Pekanbaru. Misa berlangsung dengan khidmat. Dalam homilinya, beliau menyampaikan pentingnya asrama sebagai tempat yang tidak hanya menyediakan fasilitas fisik, tetapi juga tempat untuk membina diri agar menjadi manusia yang lebih utuh dan sempurna. Bapa Uskup Vitus mengutip kata “asrama” yang berasal dari bahasa Sanskerta, yang berarti orang memilih untuk tinggal secara bersama, berbagi secara bersama, saling melindungi, dan memperhatikan satu sama lain. Hal ini sesuai dengan bacaan injil hari ini tentang mengasihi secara sempurna, sebagaimana yang telah Tuhan tunjukkan kepada umat-Nya.

Pemberaktan Gedung Asrama Santa Maria Pekanbaru

Selain pemberkatan, acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan seni dari para siswa dan siswi sekolah Santa Maria Pekanbaru, baik mereka yang tinggal di asrama maupun tidak. Asrama Putri Santa Maria dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mendukung proses belajar dan perkembangan karakter siswa. Mulai dari kamar tidur yang nyaman, kamar mandi yang bersih dan mencukupi untuk kebutuhan asrama, serta ruang rekreasi di lantai 4 asrama. Semua fasilitas ini disiapkan dengan tujuan agar para penghuni asrama dapat merasa betah dan termotivasi untuk belajar dengan giat.

Dengan adanya Asrama Putri Santa Maria ini, diharapkan para siswa dan siswi dapat lebih termotivasi untuk belajar dan mengembangkan diri, serta menjadikan Asrama Santa Maria sebagai tempat yang tidak hanya mengedepankan prestasi akademis, tetapi juga