Dr. Tjitji mendampingi diskusi kelompok

Saat ini kerap kita dengar istilah Sekolah Merdeka, Kurikulum Merdeka dan juga Merdeka belajar. Kurikulum merdeka sendiri menurut Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) ialah kurikulum pembelajaran yang mengacu pada pendekatan bakat dan minat. Siswa atau peserta didik dapat memilih pelajaran apa saja yang ingin dipelajari sesuai dengan bakat dan minatnya. Guru menyajikan pembelajaran sesuai dengan bakat dan minat siswa yang ada di kelas.

Jamak terdengar kurikulum merdeka ini diterapkan di sekolah tingkat SD, SMP dan SMA namun jarang terdengar diterapkan di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Yayasan Prayoga Sendiri pada tanggal 8 dan 9 April lalu sudah melakukan pengenalan kurikulum merdeka; beberapa sekolah yang bernaung di Yaysan Prayoga Riau juga sudah terpilih sebagai sekolah penggerak.
Yayasan Prayoga Riau pada tanggal 20 dan 21 Juni mengadakan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka bagi Pendidik PAUD. Nara sumber dalam workshop ini ialah Dr. Tjitji Wartisah, S.Pd, M.Pd. Workshop tersebut diikuti oleh tuju 7 yang ada di Yayasan Prayoga Riau. Salah satu point menarik dalam pembelajaran di PAUD adalah terciptanya suasana merdeka belajar dalam bermain.

Para peserta workshop ini sangat tertarik dengan materi yang diberikan oleh Ibu Tjitji; Ibu Nonaria Damanik yang merupakan kepala TK Bintang Laut mengungkapkan bahwa pertemuannya menyenangkan terutama dalam pembahasan IKM, sebelumnya IKM dianggap rumit tetapi setelah mendapat pencerahan dapat dipahami. Narasumber saat pertemuan memberikan ide yang kreatif, sabar dalam membimbing saat praktik langsung terkait buku cerita bergambar.

Pemberian sertifikat penghargaan bagi narasumber

Hal senada diungkapkan oleh Ibu Emi dari TK Santa Maria Pekanbaru bahwa dengan adanya workshop ini lebih paham tentang kurikulum merdeka dan bagaimana menyusun kegiatan belajar yang memerdekakan anak. Kami juga belajar untuk mengembangkan kegiatan belajar misalnya Melalui satu buku cerita kita bisa membuat bermacam macam kegiatan untuk anak. Kami juga mendapatkan referensi lagu lagu baru yang cocok untuk kegiatan anak-anak.

Semoga dengan penerapan kurikulum merdeka ini, anak-anak semakin bisa berkembang sesuai dengan potensi mereka dan mereka tumbuh dalam suasana yang menyenangkan.