Peserta didik dalam busana daerah Indonesia

SMP Santa Maria tahun ini kembali menyelenggarakan SMAYAVA (Santa Maria Youth Activity and Festival). Tema yang diangkat pada tahun ini ialah Bersatu dalam Perbedaan (Unity in Diversity). Pembukaan acara Smayava tahun 2020 ini dilaksanakan di halaman SMP Santa Maria pada Senin 17 Februari 2020. Hadir dalam acara pembukaan tersebut Rm. Anton Konseng ketua Yayasan Prayoga Riau, Ibu Flora dan Ibu Maria perwakilan dari Pelaksana Kegiatan Yayasan, Ibu Dorhot koordinator wilayah Pekanbaru dan juga para kepala sekolah dari sekolah-sekolah Santa Maria yang ada di Pekanbaru. Hadir pula beberapa kepala sekolah dari sekolah-sekolah Yayasan Prayoga yang mengikuti perlombaan tersebut.

Acara pembukaan digelar di halaman SMP Santa Maria. Dalam sambutan pada pembukaan Smayava ini Bapak Ferdinandus Nipa selaku kepala sekolah SMP Santa Maria mengungkapkan kenapa tema “bersatu dalam perbedaan” dipilih. Lebih lanjut Pak Ferdi memberi gambaran bahwa SMP Santa Maria seperti Indonesia mini. Indonesia mini karena para peserta didik di SMP Santa Maria berasal dari berbagai suku yang ada di Indonesia.

Ketua Yayasan Prayoga Riau Romo Anton dalam sambutannya menekankan pentingnya perlombaan seperti Smayava ini. Perlombaan yang dilaksanakan karena bertujuan untuk eksplor bakat dan minat anak. Anak diberi kesempatan untuk menampilkan bakat-bakat mereka tidak hanya dalam bidang akademik namun juga non-akademik.

Rm. Anton memberikan sambutan dalam pembukaan Smayava

“Meningkatkan kecerdasan anak, bukan hanya kepintaran. Anak-anak harus dipersiapkan sejak dini karena mereka adalah generasi masa depan yang akan menjadi pemimpin masa depan. Semua kegiatan dan lomba-lomba harus memiliki nilai pendidikan, karena kita institusi pendidikan.” Ungkap Romo Anton dalam sambutan pembukanya.

Perlombaan yang dipertandingkan meliputi tiga kelompok besar yaitu olahraga, seni dan akademik. Peserta lomba terdiri peserta didik mulai dari tingkat TK sapai dengan SMA. Menurut penuturan Bapak Ferdi melalui sambungan telepon jumlah peserta lomba tahun ini lebih dari 500 peserta.

Acara pembukaan Smayava ini juga diisi oleh tampilan dari para peserta didik seperti tarian dari anak-anak TK Santa Maria dan juga tarian dari siswa-siswa SMP Santa Maria. Selain tarian ada juga pertunjukan musik dari siswa-siswa SMP Santa Maria.