Pembukaan Insanta oleh kepala Sekolah SMP Santa Maria Bapak Ferdinandus Nipa

Sekolah-sekolah di Yayasan Prayoga Riau memulai tahun ajaran 2019/2020 pada tanggal 8 Juli 2019. Pada setiap awal tahun ajaran selalu akan ada peserta didik baru yaitu mereka yang baru masuk sekolah mulai dari tingkat TK sampai tingkat SMA. Bagi mereka lingkungan sekolah baru ini masih asing. Upaya yang ditempuh agar peserta didik lebih cepat untuk menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan lingkungan sekolah ialah melalui program masa perkenalan lingkungan sekolah.

Sekolah-sekolah yang ada di Yayasan Prayoga Riau memulai kegiatan pengenalan lingkungan sekolah ini beberapa hari sebelum tanggal dimulainya tahun ajaran baru. Sekolah Yayasan Prayoga Riau yang ada di Pekanbaru memulai kegiatan pengenalan lingkungan sekolah ini pada tanggal 4 Juli 2019. Masing-masing sekolah memberi kegiatan ini dengan nama yang berbeda. SMP Santa Maria memberi nama kegiatan ini dengan nama Insanta (Inisasi Santa Maria).

Ketua Panitia Insata SMP Santa Maria Ibu Sri Nanci Angelina melalu pesan whatsapp mengatakan bahwa program ini ditujukan untuk anak-anak kelas 7. Para peserta didik ini diperkenalkan dengan profil sekolah dan juga program-program kegiatan sekolah. Tema kegiatan Insanta tahun ini ialah “Sekolahku, Keluargaku”. Acara penutupan Insata dilaksanakan pada tanggal 8 Juli bersamaan dengan masuknya siswa-siwa kelas 8 dan 9.

Salah satu materi yang disampaikan dalam pengenalan sekolah

Sekolah-sekolah Santa Maria yang lain seperti SD dan SMA Santa Maria juga melakukan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah. Seperti sudah disebut di atas tujuan dari kegiatan ini ialah memudahkan para siswa untuk beradaptasi dengan lingkungan sehingga nantinya mereka merasa nyaman saat belajar di sekolah.