Romo Anton Memberikan Materi dalam Pertemuan Guru-Guru TK

Pekanbaru, 19 Juni 2019. Sudah tiga hari ini sejak Senin 17 Juni lalu para pendidik tingkat TK /PAUD Yayasan Prayoga Riau mengadakan pertemuan. Pertemuan ini merupakan program rutin yang diadakan oleh Yayasan Prayoga Riau. Pertemuan tahun 2019 ini dilaksanakan di Pekanbaru tepatnya di Gedung Pusat Kegiatan Yayasan yang beralamat di Jl. S. Parman depan SMP Santa Maria Pekanbaru. Acara ini berlangsung selama tiga hari yaitu dari tanggal 17 – 19 Juni 2019.

Para peserta pertemuan ini ialah para pendidik yang berasal dari 7 sekolah TK yang ada di Yayasan Prayoga Riau. Materi pada pertemuan hari pertama diisi oleh Rm. Anton Konseng, selaku ketua Yayasan Prayoga Riau. Rm. Anton memberi materi terkait pola asuh orang tua untuk anak usia dini. Pastor lulusan dari La Salle University menegaskan bahwa pola asuh yang paling tepat untuk anak usia 4-6 tahun adalah marine parenting. Pola asuh ini menempatkan orangtua seperti kapal selam yang tidak terlihat namun terus memperhatikan. Orang tua yang menerapkan pola asuh ini akan mengawasi dari dalam tetapi tetap membimbing dan memberi kepercayaan pada anaknya untuk bertumbuh dan bertanggung jawab. Orang tua memberikan kebebasan dan tagung jawab kepada anak untuk berkembang hal ini beda dengan tipe parenting yang selalu mengawasi dan mengatur kehidupan anak-anaknya (helicopter parenting).

Romo Anton bersama para pendidik TK dalam pertemuan itu juga berdiskusi terkait masalah-masalah anak didik. Para pendidik memberikan bantuan dan bimbingan agar anak-anak yang mengalami maslah dalam perkembangannya. Dalam pertemuan tersebut dari masing-masing sekolah TK menyampaikan program pembelajaran yang telah dilakukan dan dievaluasi secara bersama agar bisa mendapatkan program yang makin sempurna untuk pendidikan di TK.

Perwakilan dari masing-masing TK Memaparkan Program Tahunan