Pembangunan SD Ahmad Yani Pulau Rupat

SD Ahmad Yani – Pulau Rupat tampak depan

Pulau Rupat adalah sebuah pulau di Kabupaten Bengkalis, Riau. Menurut wikipedia luas pulau ini kurang 1.500 km2 dengan jumlah penduduk yang tinggal di pulau ini sekitar 47.000 jiwa. Perjalanan menuju Pulau Rupat dapat ditempuh sekitar 30 – 40 menit dari pelabuhan Dumai dengan menggunakan Kapal Roro.

Yayasan Prayoga Riau memiliki dua sekolah yang ada di pulau Rupat. Satu sekolah SD Ahmad Yani di Sungai Raya dan satu sekolah SD Marietta di Pangkalan Lanjut. Jarak tempuh dari Pelabuhan Pulau Rupat ke dua sekolah ini sekitar tiga jam perjalanan darat. Dua sekolah ini merupakan salah satu bentuk perwujudan visi dan misi YPR untuk mendidik insan Indonesia. Sekolah-sekolah YPR yang ada di Pulau Rupat melayani pendidikan bagi peserta didik yang ada di tempat tersebut.

Salah satu bentuk dukungan terhadap pendidikan anak di Pulau Rupat saat ini sedang dilakukan pembangunan gedung sekolah yang ada di Sungai Raya yaitu SD Ahmad Yani. Gedung SD sebelumnya sudah kurang layak sehingga perlu dibangun gedung baru untuk semakin memaksimalkan pendidikan bagai anak-anak Pulau Rupat. Gedung baru ini dibangun di atas bangunan lama.

Kepala sekolah SD Ahmad Yani, Bapak Sadino mengaku sangat senang dengan pembangunan gedung SD ini. Beliau menuturkan bahwa beliau mulai berkarya di SD tersebut sejak gedung SD masih berupa bangunan papan dengan jumlah murid yang sedikit. Saat ini jumlah murid keseluruhan sudah lebih dari 100 orang dan fasilitas penunjang pembelajaran semakin baik.

Bangunan ini ditargetkan selesai pada bulan Oktober atau November dan diharapkan anak-anak semakin mampu belajar dengan baik dengan adanya fasilitas pendukung yang semakin baik.

About the author