Sekolah-sekolah di Yayasan Prayoga Riau Menjadi Sekolah Hebat

Para Pemateri Diskusi Sekolah Hebat Vs Sekolah Istimewa

Dumai, 6 Juli 2018 bertempat di Aula TK Santo Tarcisius digelar acara diskusi yang bertema “Sekolah Hebat Vs Sekolah Istimewa”. Para pemateri pada diskusi tersebut ialah pendidik dari TK dan SMA Santa Maria Pekanbaru. Para pemateri ini sebelumnya telah membawakan bahan yang sama di Pekanbaru pada bulan Mei dan Juni 2018 ini.

Acara diskusi yang di adakan di Aula TK Santo Tarcisius ini diikuti oleh para pendidik dan tenaga kependidikan dari koordinator Dumai yang berjumlah sekitar 200-an orang. Di Koordinatorat Dumai sendiri terdapat satu sekolah TK, empat SD, satu SMP dan 1 SMA. Diskusi yang dilaksakan pada hari Jumat 6 Juli tersebut dimulai pada pukul 8.00 dan diakhiri pada pukul 14.00.

Tema besar yang dibicarakan dalam diskusi tersebut ialah “Prayoga: Sekolah Hebat berdasarkan Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara”. Tema besar ini kemudian dibagi dalam beberapa sub tema dan pada pertemuan di Dumai ini dibahas tema tentang “sekolah hebat Vs Sekolah istimewa” serta “Ki Hajar Dewantara dan pandangannya tentang Pendididikan berasas kekeluargaan”.

Sekolah Hebat ialah sekolah yang memiliki visi dan orientasinya pada peserta didik sebagai subyek pendidikan. Titik pusatnya adalah anak-anak yang mempunyai beragam kebutuhan untuk didengarkan dan dipahami oleh pihak sekolah. Suasana yang tercermin dalam sekolah hebat ialah suasana yang akrab dan pendidikan yang dilakukan berasas kekeluargaan. Para guru bertindak sebagai seperti orang tua atau dalam bahasa Ki Hajar Dewantara disebut sebagai “pamong”. Suasana yang akrab, lingkungan yang nyaman dan aman diharapkan mampu menjadi tempat bertumbuhnya potensi peserta didik secara baik.

Selain pemaparan materi baik dari para pemateri dan juga Rm. Anton Konseng, Pr.M.Sc selaku ketua pengurus Yayasan Prayoga Riau juga diadakan sesi tanya jawab dengan para pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di Koordinatorat Dumai. Dalam sesi tanya jawab tersebut para pendidik dan tenaga kependidikan bertanya agar mereka semakin memahami tentang sekolah hebat dan mampu menerapkan dalam sistem pembelajaran di kelas. Setelah sesi diskusi acara ditutup dengan kesan dan pesan dari para pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di Koordinatorat Dumai.

About the author