Workshop Pengelolaan Perpustakaan

Posted on

Yayasan Prayoga Riau.yayasan prayoga riau Perpustakaan merupakan salah satu sarana pendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah. Perpustakaan menyimpan buku pelajaran serta buku-buku pendukung kegiatan belajar mengajar, sehingga adanya perpustakaan membuat sumber ilmu yang bisa diakses oleh siswa menjadi sangat luas. Ilmu tidak hanya di dapat dari guru namum bisa didapat dari buku-buku yang bisa ditemukan oleh siswa di perpustakaan sekolah.

Menyadari pentingnya perpustakaan bagi sekolah mulai dari tingkat TK sampai SMA,Yayasan Prayoga Riau (YPR) yang membawahi 34 sekolah yang tersebar di Provinsi Riau mengadakan workshop pengelolaan perpustakaan sekolah secara modern. Rata-rata sekolah-sekolah YPR sudah memiliki perpustakaan, namun sebagian besar masih dikelola secara tradisional sehingga tidak berfungsi secara maksimal. Workshop pengelolaan perpustakaan ini diadakan berkat kerjasama antara YPR dengan Universitas Sanata Dharma Yogayakarta. Ada tiga nara sumber yaitu Ibu F. Rahayuningsih, M.A; Bapak Ag Marsudi, S.Sos; Bapak Y. Joko Nugroho, S.Si, yang datang khusus dari Universitas Sanata Dharma untuk memberikan workshop bagi para pengelola perpustakaan di sekolah-sekolah YPR.

Pelatihan pengelolaan perpustakaan sekolah secara modern ini diikuti oleh 34 peserta yang terdiri dari pendidik dan tenaga kependidikan yang bekerja sebagai pengelola perpustakaan di sekolah masing-masing. Romo Anton Konsneg, Pr selaku ketua Yayasan Prayoga Riau dalam acara pembukaan menekankan pentingnya perpustakaan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di kelas terutama dengan metode student center learning yang telah diterapkan di sekolah-sekolah YPR. Menurut Romo Anton perpustakaan akan menjadi efektif jika dikelola juga secara profesional oleh orang-orang yang memiliki kompetensi yang baik di bidang perpustakaan. Hal ini jugalah yang mendasari pelatihan pengelolaan perpustakaan sekolah yang diadakan berkat kerjasama dengan pengelola perpustakaan Universitas Sanata Dharma Yogayakarta.  Selama pelatihan para peserta belajar tentang manajemen perpustakaan, klasifikasi koleksi dan juga aplikasi komputer untuk mendukung pelayanan perpustakaan. Para peserta nampak sangat antusias dengan materi-materi yang disampaikan oleh para nara sumber yang memang sudah kompeten di bidangnya. Para peserta mendapat banyak pengetahuan baru yang tentunya akan mendukung pelayanan mereka di unit sekolah mereka masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
11 + 13 =